Sabtu, 13 Juni 2009

tugas III : analisis aplikasi

analisis aplikasi e-bisnis

Anlisa aplikasi tentang ekspedisi DHL yang bersumber dari www.dhl.co.id

DHL adalah pemimpin pasar global di international express, mulai dari trnsport darat sampai udara. DHL juga nomor satu di dunia untuk freight laut dan layanan kontrak logistik. DHL menawarkan rangkaian lengkap solusi - dari pengiriman dokumen ekspres sampai ke pengelolaan rantai pasokan.

macam2 bentuk dhl:
1. DHL Ekspres
menawarkan layanan yang sangat praktis memungkinkan pengirim dapat mengirimkan barang ke cinsumen hanya dengan hitungan jam, tanpa menunggu berhari2.

2. DHL Freight
untuk barang yang cakupannya sampai ke luar negeri,dengan kapasitas muatan cukup besar.

3. DHL Global Forwarding
DHL Global Forwarding adalah pemimpin pasar di udara dan di ekspedisi laut dan sebagai penyedia layanan logistik proyek untuk seluruh dunia.

4. DHL Exel Supply Chain
memudahkan menangani masalah pemasokan barang dengan berbasiskan IT. consumen juga bisa dengan mudah mengelola barang tersebut mulai dari penyediaan, pemasokan, sampai ke pnjualan barang.dengan adanya SCM pengguna DHL dapat dengan mudah mengawasi jalannya bproduk mereka mulai dari pengirim ataupun produsen hingga ke tempat tujuan.

SCM ( Supply Chain Management).
Konsep SCM ini lahir karna kesadaran akan adanya produk yang murah, cepat dan berkualitas. Pelaku industri mulai sadar bahwa untuk menyediakan produk yang murah, berkualitas dan cepat, perbaikan di internal perusahaan saja adalah tidak cukup. Peran serta supplier, perusahaan transportasi dan jaringan distributor sangat penting & dibutuhkan. Tujuan utama supply chain management adalah untuk memenuhi permintaan pelanggan melalui penggunaan sumber daya yang pailng efisien.
Jadi,intinya : SCM bagaimana sebuah produk atau barang dari tangan pelanggan yang nantinya akan dikirim melaui perantara ekspedisi DHL ini,agar nantinya barang tersebut sampai ke tujuan berdasarkan keinginan pelanggan. Dan ekspedisi DHL berkewajiban untuk mengekspedisi barang sampai ketujuan dengan management yang baik yang nantinya akan menguntungkan kedua belah pihak.
Singkatnya, DHL ini bertanggung jawab atas barang sampai ketujuan akhir.


CRM (Costumer Relationship Management )
setiap perusahaan,ambil contoh DHL, pasti menginginkan produknya(jasanya) tetap terus dipakai oleh pelanggan. Pelanggan adalah faktor utama untuk atau mundurnya suatu perusahaan. untuk itu,diperlakukan suatu proses(pelayanan) khusus agar hubungan dengan para pelanggan selalu berjalan dengan baik.
Dalam menjaga hubungan dengan pelanggan, DHL memberikan sebuah website yang mana dapat di akses oleh semua pelanggan maupun bagi yang belum berlangganan. Guna dari website ini adalah agar para pelanggan dapat mengetahui perkembangan dari barang yang akan dikirim express melalui DHL ini, pelanggan juga dapat mengetahui berita-berita terbaru tentang perkembangan DHL itu sendiri.

Kesimpulannya:
bagaimana sebuah management suatu perusahaan dalam hal ini adalah ekspedisi DHL yang menjaga hubungan dengan pelaggannya agar nantinya pelanggan ini tetap loyal atau setia dengan ekspedisi DHL ini.

Analisa Umum tentang mata kuliah E-Bisnis :
e-bisnis merupakan suatu proses untuk menjadikan sebuah transaksi berjalan dengan lebih mudah dan teratur dibandingkan dengan cara2 trdisional.
suatu proses akan lebih dapat bejalan dengan efektif apabila dapat dikendalikan dengan benar, dan hasil dari pengelolaan tersebut adalah mendapat keuntungan dari berbagai aspek..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar