Sabtu, 13 Juni 2009

yang pengen populer di mata dosen

Jangan salah persepsi terlebih dahulu, mencuri perhatian dosen bukan berarti Anda disini ‘carmuk’ atau cari muka. Walau tujuannya sama yakni agar dosen selalu ingat kepada Anda -syukur punya pertibangan tertentu ketika nilai Anda buruk- namun mencuri perhatian dosen di sini lebih bersifat positif. Berikut ini Tips pintar mencuri perhatian dosen:



1. Anda = Bintang Kelas. Menjadi bintang kelas tidak harus identika dengan nilai-nilai spektakuler. Anda bisa mencuri perhatian dosen di kelas dengan menjadi mahasiswa yang baik. Selalu datang tepat waktu, tidak pernah terlambat mengumpulkan tugas -apalagi sampai pernah tidur di kelas- adalah beberapa ciri mahasiswa yang baik. Selain itu, bersikap pro-aktif di kelas bisa membikin dosen ‘melirik’ Anda. Perhatikan penjelasan dosen, tunjukan ketertarikan Anda terhadap mata kuliah yang diampunya dengan bertanya -namun bukan asal bertanya. Dijamin dosen langsung ngeh dengan keberadaan Anda. Jadi sebenarnya, aktif di kelas lebih banyak untungnya buat Anda.



2. Aktif Terlibat. Setiap jurusan atau program studi pasti memiliki banyak acara, baik akademis maupun non-akademis. Sering-sering lah terlibat menjadi panitia. Misalnya, di acara pelantikan guru besar, dies natalis jurusan atau seminar-seminar. Dengan aktif terlibat dalam acara-acara tersebut, Anda jadi dikenal oleh dosen-dosen. Tidak menutup kemungkinan, Anda bisa lebih akrab dengan dosen-dosen tersebut. Implikasi lainnya, Anda bisa jadi orang pertama yang ditawari kalau ada side job atau proyek dari mereka.



3. Eksis Memberi. Rajin memberi ‘upeti’ bisa juga membuat Anda selalu diingat oleh dosen. Cukup beri seloyang kue -buat sendiri juga tidak masalah- di saat-saat tertentu, seperti hari ulang tahunnya, hari raya dan sebagainya. Atau ketika Anda baru saja pergi ke luar kota atau ke luar negeri, sampaikan oleh-oleh kepada mereka. Tapi, perhatikan tempat ketika memberikannya, kalau Anda sampaikan langsung ke rumahnya, Anda bisa memilih beberapa dari mereka, sedangkan kalau di kelas, Anda sebaiknya memberikannya pada semua dosen yang Anda.


4. Sering Berkunjung. Gali rasa ingin tahu Anda lebih dalam lagi dan bertanyakepada dosen di luar jam kulaih. Kalau perlu, sering-sering mampir ke jurusan untuk bertanya dan berdiskusi dengan dosen. Mereka akan menghargai mahasiswa yang benar-benar mencari ilmu. Alasan lain, Anda bisa minta referensi atau pinjam bahan dari mereka untuk tugas makalah yang diberikan. Dengan cara ini Anda bisa akrab dengan dosen sekaligus menambah ilmu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar